Thursday, November 6, 2008

Membuat Jaring Laba-laba


Tahukah Anda bagaimana laba-laba membuat jaringnya? Pertama-tama, serangga tersebut akan melempar benang yang dipintalnya ke udara, lalu aliran udara tersebut akan membawanya ke tempat tertentu di mana benang akan menempel. Laba-laba kemudian akan menarik benang dari titik pusat ke arah luar guna mempersiapkan kerangka jaring.

Selanjutnya, ia akan menggunakan benang jenis lain yang lengket untuk membuat lingkaran dari arah luar ke dalam. Nah, kalau sudah begini, berarti perangkap yang dibuatnya telah siap.

Biasanya, laba-laba memerlukan waktu lebih dari satu jam untuk membuat jaringnya. Jika Anda berminat ikutan membuatnya, tak perlu makan waktu selama itu—cukup beberapa menit saja.

Kok bisa jauh lebih singkat? Karena jaring laba-laba Anda hanya berwujud gambar yang dibuat memakai Adobe Illustrator. Cocok dimanfaatkan untuk keperluan logo atau semacamnya.

Begini caranya:
1. Jalankan aplikasi Adobe Illustrator Anda. Buatlah dokumen Illustrator baru. Saat area kerja sudah siap digambar, klik [Polygon Tool] pada toolbox di sisi kiri area kerja.

2. Klik area kerja sehingga muncul boks dialog Polygon. Isikan nilai 12 pada kotak isian “Sides” dan klik [OK]. Bentuk persegi dua belas akan muncul di area kerja. Jika ukurannya terlalu kecil, Anda bisa membesarkannya dengan mengklik [Selection Tool] berikon tanda panah hitam, lalu tariklah sudut-sudut persegi yang telah dibuat sebelumnya.

3. Dalam kondisi bentuk masih terseleksi, buatlah garis lengkung pada sisi persegi dengan mengklik [Filter]. Pada menu Illustrator Filter, pilih [Distort] > [Pucker & Bloat...]. Pada boks yang muncul, centangi [Preview], lalu tariklah slide bar ke angka -4 sampai -6. Kelengkungannya bisa dibuat sesuai selera Anda. Jika sudah beres, klik [OK].

4. Gandakan persegi dua belas dengan menekan [Ctrl] + [C], lalu munculkan duplikasi dengan menekan [Ctrl] + [F]. Perintah terakhir berguna untuk memunculkan duplikasi di lokasi yang sama dengan gambar aslinya. Selanjutnya, perkecil hasil duplikasi dan posisikan ke tengah dengan menekan [Alt] + [Shift] di keyboard, lalu tarik sudut-sudut persegi.

5. Untuk membuat jaring-jaring lainnya, duplikasi kedua obyek dengan fitur Blend. Seleksi kedua persegi dengan menekan [Shift], lalu klik keduanya. Klik [Object] > [Blend] > [Blend Options...]. Pada boks Blend Options, pilih [Specified Steps] pada “Spacing”. Pada kotak isian di sisi kanan, isikan jumlah duplikasi antara persegi kecil hingga ke besar—jumlahnya terserah Anda. Selesainya, klik [OK].

6. Langkah sebelumnya tidak akan berdampak pada bentuk sebelum Anda mengklik [Objcet] > [Blend] > [Make]. Kini antara persegi kecil sehingga persegi besar akan muncul jaring-jaring lainnya dengan bentuk dan ukuran yang semakin lama semakin lebar.

7. Buatlah rangka jaring dengan bantuan [Pen Tool] untuk menghubungkan sudut persegi yang satu dengan sudut di seberangnya. Klik pointer pada salah satu sudut, lalu klik pada sudut di seberangnya hingga membentuk garis diagonal. Akhiri dengan menekan tombol [Alt] dan klik di area kosong. Selanjutnya, buat lagi garis diagonal untuk sudut lainnya hingga semua sudut terisi.

8. Kini jaring laba-laba Anda sudah jadi. Gabungkan dengan menekan [Ctrl] + [A—yang akan menyeleksi semua bentuk—lalu klik [Object] > [Group]. Anda bisa mengubah warna jaring-jaring ini dengan mengklik jaring, tekan tombol [X], dan pilih warna dari palet [Swatches]. Anda juga bisa menambahkan ornamen lain—seperti gambar laba-laba atau teks.

From : PCplus

0 komentar: