Friday, November 14, 2008

Adsense Ala Indonesia

Belakangan ini para blogger mania sedang ramai membahas masalah kemunculan iklan Google Adsense di blog berbahasa Indonesia. Pihak Google memang belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait boleh tidaknya iklan Google dipasang diblog berbahasa Indonesia (hal ini merupakan larangan dalam TOS Google Adsense). Entah sudah boleh atau tidak, yang jelas iklan Google bisa muncul di blog berbahasa Indonesia. Tentu saja hal ini disambut gembira oleh blogger mania, meskipun demikian masih banyak blogger mania yang memilih bersikap hati-hati. Ya, bisa muncul bukan berarti iklan Google diperbolehkan dipasang di blog berbahasa Indonesia.

Daripada kita pusing memikirkan boleh-tidaknya iklan Google dipasang di blog berbahasa Indonesia, lebih baik kita bahas program-program PPC Indonesia saja yaitu program yang hampir mirip dengan Google Adsense. Bagi yang masih ragu memasang iklan Google di blog berbahasa indonesia, kiranya situs-situs PPC lokal berikut bisa menjadi alternatif. Hasilnya lumayan buat tambahan penghasilan Anda, apalagi hasilnya berbentuk rupiah yang langsung mengalir ke rekening bank Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi menunggu lama agar cek Anda bisa dicairkan. Kalau mau dicari kekurangannya, iklan-iklan yang ditampilkan situs PPC lokal bukanlah iklan kontekstual yang berdasarkan relevansi dengan blog. Tapi ini tak jadi masalah karena anda bisa memilih kategori iklan yang ingin ditampilkan agar sedikit banyaknya bisa sejalan dengan tema blog anda.

Saat ini ada banyak situs PPC lokal antara lain :
- Klik Saya
- Kumpul Blogger
- PPC Indo
- Adsentra
- Adspeedy

Terlepas dari segala kekurangan-kekurang yang ada pada kelima situs PPC lokal tersebut, sudah selayaknya kehadiran ketiganya kita acungi jempol. Bagaimanapun ketiganya telah berniat baik membantu para Blogger Mania Indonesia untuk bisa memperoleh penghasilan memadai dari blog berbahasa Indonesia.

Selamat mencoba bagi Anda yang belum mencobanya.

0 komentar: