Thursday, November 6, 2008

Efek Pelangi di Potret Diri


Efek pelangi dipakai oleh iPod di iklan terbarunya, yang dibintangi band Coldplay. Foto terlihat eye catching karena dilapisi warna-warni pelangi. Unik dan membuatnya tampil beda. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, ikuti panduan PCplus dengan bantuan Adobe Photoshop CS3.

1. Buka foto yang akan diutak-atik dalam area kerja di dalam jendela Adobe Photoshop CS3. Selanjutnya, ubahlah foto tersebut menjadi hitam-putih. Klik [Layer] > [New Adjustment Layer] > [Black & White...].

2. Pada boks New Layer yang muncul, klik saja tombol [OK]. Kelolalah aneka slider dalam boks dialog Black & White. Di sini, foto sudah menjadi tampilan hitam putih. Anda bisa mengelola sliders warna untuk memperdetil foto hitam-putih tersebut. Jika sudah, klik [OK].

3. Sekarang, buatlah sebuah layer baru. Cara cepatnya adalah dengan menekan tombol [Shift] + [Ctrl] + [N] pada keyboard. Pada boks yang muncul, namai layer baru tersebut dengan “Pelangi”. Klik [OK] sesudahnya.

4. Untuk membentuk pelangi, klik [Gradient Tool] pada toolbox atau tekan tombol [G] di keyboard. Selanjutnya, klik menu drop-down gradasi yang ada di toolbar kiri atas jendela Photoshop hingga muncul Gradient Editor.

5. Pada boks Gradient Editor, pilih preset bernama [Spectrum] atau [Transparent Rainbow]. Pastikan pada menu “Gradient Type”, Anda memilih [Solid]. Jika sudah, klik [OK].

6. Pastikan layer baru bernama Pelangi terpilih. Jika sudah, klik-tarik pointer sembarang arah di area kerja, lalu lepaskan mouse. Warna-warni gradasi pelangi akan muncul di layar kerja Anda.

7. Untuk menyatukan gradasi pelangi dengan foto Anda, gunakan opsi blending mode. Caranya, klik menu blending mode yang ada di bagian atas palet Layers. Ada tiga opsi blending mode yang pas untuk Anda pilih, yakni Screen, Overlay, dan Soft Light.

8. Masing-masing menghasilkan perpaduan warna dan foto yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Setelah ini, Anda bisa memberikan aneka pernak-pernik seperti gambar, layer foto, atau teks untuk mempercantik foto.

9. Jika Anda ingin memiliki efek pelangi yang berbeda, pada langkah 5 sebelumnya, Anda bisa memilih [Noise] pada menu “Gradient Type”. Pilih angka “Roughness” sekitar 50%. Klik [OK] dan terapkan gradasi di layer pelangi, lalu pilih blending mode pilihan. Ini hasilnya. Garis-garis gradasi terlihat lebih berlapis.

10. Garis gradasi tidak hanya bisa dibuat vertikal, horisontal, atau diagonal saja. Anda juga bisa membuatnya oval atau seperti bintang. Caranya, sebelum langkah 6, pilih pola Gradient dari toolbar. Pilihannya mulai dari Radial Gradient hingga Diamond Gradient. Inilah hasilnya saat kami menggunakan Radial Gradient.

From : PCplus

0 komentar: